Selamat Datang di Blog Belajar Sabar Ikhlas

Friday, June 21, 2013

PENGERTIAN BELAJAR MENURUT BEBERAPA AHLI

Pengertian Belajar adalah suatu kata yang sudah akrab dengan semua lapisan masyarakat. Bagi para pelajar kata belajar merupakan kata yang tidak asing. Bahkan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari semua kegiatan mereka dalam menuntut ilmu. Pengertian belajar tidak semua orang tahu apa itu belajar. Masalah pengertian belajar menurut beberapa ahli berbeda-beda pendapat misalkan James O. Whittaker (Ahmadi, 2000:126), merumuskan belajar sebagai proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau Pengalaman.
Cronbach (Djamarah, 2000:13) berpendapat bahwa learning is shown by change behavior as a result of experince. Belajar sebagai suatu aktivitas yang ditunjukkan oleh perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman.
Howard L. Kingskey (Djamarah, 2000:13) mengatakan bahwa belajar adalah proses dimana tingkah laku (dalam arti luas) ditimbulkan atau diubah melalui praktek dan latihan.
Menurut Drs. Slameto  (Djamarah, 2000:13) belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.
Dilain pihak, belajar adalah aktivitas peserta didik. Peserta didik sebagai pelajar akan secara langsung mengalami, menghayati, dan melakukan proses interaksi yang bertujuan untuk meningkatkan perkembangan mental menuju kemandirian. Disini berarti belajar adalah proses internal peserta didik. Belajar adalah proses perubahan tingkah laku baik yang sifatnya pengetahuan, sikap, ataupun keterampilan.
Piaget (Suparno, 1997:141) menjelaskan bahwa Teori Perkembangan kognitif membedakan dua pengertian tentang belajar, belajar dalam arti sempit dan belajar dalam  arti luas. Belajar dalam arti sempit adalah “belajar yang hanya menekankan perolehan informasi baru dan pertambahan. Belajar dalam arti luas adalah belajar untuk memperoleh dan menemukan stuktur pemikiran yang lebih umum yang dapat digunakan pada bermacam-macam situasi.
Menurut kaum kontruktivis (Suparno, 1997:61) belajar merupakan proses aktif pelajar mengkontruksi arti entah teks, dialog, pengalaman fisis dan lain-lain. Belajar juga merupakan proses mengasimilasikan dan menghubungkan pengalaman atau bahan yang dipelajari dengan pengertian yang sudah dipunyai seseorang sehingga pengertiannya dikembangkan.
Konsep belajar menurut teori belajar konstruktivisme (Lapono, 2008:1.25) adalah pengetahuan baru dikonstruksi sendiri oleh peserta didik secara aktif berdasarkan pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya.
Dari beberapa pengertian belajar diatas maka dapat disimpulkan rumusan tentang belajar antara lain:
a)      Belajar akan membawa perubahan.
b)      Perubahan terjadi karena adanya suatu usaha dan proses yang menimbulkan pengalaman. 
c)   Dari perubahan diperoleh keterampilan dan pengetahuan yang baru.

Semoga postingan mengenai "Pengertian Belajar" ini bermanfaat ....

No comments:

Post a Comment